SMP Al Irsyad Terapkan Pakta Integritas dalam Penilaian Online
01 Sep 2020 07:35:28

Pandemi Covid 19 yang belum mereda, membuat SMP Al-Irsyad Purwokerto mengusung strategi Pembelajaran Tengah Semester (PTS) dengan sistem online pada awal September 2020 ini. Menurut Aisyah Amini, Waka Kurikulum, PTS dilakukan dengan google form. "Yang menjadi tantangan adalah upaya sekolah untuk menjadikan siswa serius dan semangat dalam mengerjakan dengan tetap menjunjung kejujuran,"tegasnya. 

Untuk membentuk karakter siswa tersebut, sekolah terapkan pakta integritas. Sistem ini juga agar siswa memiliki kesadaran hukum dalam hidup bermasyarakat. "Sekarang era orang mengenal aturan untuk bisa tertib. Ini perlu kesadaran sejak dini."

Selain dengan pakta integritas, untuk memupuk kejujuran selama penilaian di masa pembelajaran jarak jauh, sekolah melakukan berbagai upaya. Guru senantiasa menyampaikan karakter kejujuran di pembelajaran daring, menyisipkan kalimat motivasi di soal-soal online, mendesain soal untuk mencegah kecurangan dengan mengacak soal dan jawaban, mengisi token tiap siswa, menggunakan akun sekolah, membatasi waktu pengerjaan, dan tentunya bekerjasama dengan orangtua dalam pengawasan siswa. Dengan usaha tersebut, harapannya penilaian di pembelajaran jarak jauh tetap objektif, valid, dan mencerminkan kemampuan sebenarnyadari siswa.