Gebrak Soft Skill Siswa melalui SSD
05 Oct 2020 08:06:55

Soft skill adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, keterampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.

Saat ini, peran sekolah untuk membekali siswa dengan hal tersebut menjadi sangat penting. Hal inilah sedang diterapkan di SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Salah satu program yang diterapkan adalah Workshop Soft Skill Development (SSD) yang akan dilaksanakan pada periode Oktober-November 2020. Pelaksanaan SSD ini bekerja sama langsung dengan Zona Tour&eo yang biasa mengadakan pelatihan soft skill.

Rangkaian SSD yang pertama mulai diterapkan pada Sabtu, 3 Oktober 2020. Pada kesempatan kali ini, seluruh peserta didik telah mengikuti kegiatan Workshop Soft Skill Development (SSD) secara daring melalui aplikasi Zoom. SSD bertujuan untuk mengembangkan soft skill dasar peserta didik.

Adapun jenis soft skill yang akan diasah ada sembilan, yaitu Public Speaking, Leadership, People Management, Negotiation, Attention to Detail, Creativity, Teamwork, Budgeting, dan Problem Solving. Beberapa pembicara professional yang mengisi acara ini adalah Achmad Alfian (Trainer and Motivator), Citra Larasati (Master of Ceremony), Dimas Asy’ari (Milenial Coach), dan Guntur Ari Pamungkas (Ice Breaker).

Beberapa soft skill yang diajarkan ini sebagai bekal yang disiapkan oleh sekolah karena kelak akan sangat dibutuhkan saat peserta didik memasuki dunia kuliah, dunia kerja, dan kembali ke masyarakat. Kegiatan ini ditujukan dalam rangka mempersiapkan peserta didik menyongsong revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0.