SD Al Irsyad 02 : Tekankan Pentingnya PHBS
21 Dec 2020 09:54:21

Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas mengajak seluruh sekolah dasar mengadakan program Sekolah Sehat Online. Program ini didukung oleh produk ternama nasional dan dilaksanakan sebagai salah satu program guru UKS SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Selanjutnya pembiasaan perilaku hidup bersih dan disampaikan kepada siswa yang didampingi penuh oleh orang tua.

Agus Tardian, S.Pd.I, M.Pd. selaku Kepala Sekolah menyampaikan, “Pada masa pandemi ini menjaga kesehatan dan kebersihan adalah hal penting yang harus di utamakan.  SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto melaksanakan Program Sekolah sehat Online selama 21 hari,”. Penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran diri siswa dan orang tua akan pentingnya menjaga kesehatan diri meskipun tetap berkegiatan di rumah.

Rangkaian kegiatan Sekolah Sehat Online ini dilakukan dengan beberapa tahapan. Dimulai dari Guru UKS, Yeni Rahmawati, AMK memberi pembekalan kepada guru kelas tentang edukasi PHBS secara terinci beserta kegiatan-kegiatan pentingnya. Selanjutnya guru kelas menerangkan kepada siswa untuk bisa dilaksanakan dengan baik dan disiplin bersama orangtua.

Lima pembiasaan PHBS yang harus dilaksanakan siswa yaitu cuci tangan pakai sabun bertujuan untuk membunuh kuman yang menyebabkan penyakit covid 19 dan penyakit lain, sikat gigi pagi dan malam bertujuan untuk mencegah gigi berlubang dan masalah kesehatan yang mempengaruhi system kekebalan tubuh, isi piringku dan minum air bebas kuman bertujuan untuk mempertahankan tubuh melawan virus dan penyakit dengan makanan bergizi seimbang, kamar mandi bersih dan higienis bertujuan untuk mencegah menjadi sarang kuman penyakit, kelola sampah bertujuan untuk menjadikan lingkungan berih dan sehat.

Dalam pelaksanaannya siswa diberi kalender untuk melaksanaan PHBS yang harus di isi selama 21 hari. Guru juga di beri kalender untuk memantau siswa setiap hari. “Perlu 21 hari secara berturut-turut untuk membentuk sebuah kebiasaan.”ungkap Yeni Rahmawati, AMK selaku guru UKS.  Guru kelas memberi materi digital melalui sarana daring setiap hari sehingga siswa dapat melakukan PHBS bersama orang tua di rumah dengan menyenangkan. Materi yang diberikan guru berupa video dan leaflet pembiasaan PHBS.

Materi yang pertama adalah pembiasaan mencuci tangan memakai sabun dibawah air mengalir. Hal ini seperti langkah tepat mencuci tangan, yaitu 6 waktu penting mencuci tangan. Pembiasaan kedua adalah isi piringku dan minum air bebas kuman seperti makan makanan bergizi (1/3 lauk pauk, 2/3 makanan pokok, 1/3 buah, 2/3 sayuran) serta mengkonsumsi air minum bebas kuman 7-8 gelas perhari. Pembiasaan ketiga adalah sikat gigi pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur meliputi cara menyikat gigi yang baik, tips menjaga kesehatan gigi. Pembiasaan ke empat adalah kamar mandi yang bersih dan higienis meliputi cara membersihkan kamar mandi yang baik dan benar, akibat kamar mandi yang tidak higienis serta penyakit yang timbul. Pembiasaan terakhir adalah kelola sampah meliputi pemilahan sampah organik dan an organik serta pemanfaatanya.

Rencananya, program Sekolah Sehat Online ini dilaksanakan secara berkelanjutan selama daring dan tetap dilaksanakan luring sebagai upaya menigkatkan kesehatan siswa dan menjadi kebiasaan yang seterusnya. (Yeni Kusumawati, AMK)