Gorgeous Learning Video Festival 2021
28 May 2021 13:11:00

Penilaian Finalis Lomba Video Pembelajaran

Sejak Kamis, 27 hingga 29 Mei 2021 para guru finalis lomba Gorgeous Learning Video Festival 2021 diminta untuk mempresentasikan video buatannya dihadapan para juri. Penilaian meliputi kualitas dan orisinalitas konten video dan kemampuan guru dalam membuat video pembelajaran.

Lomba ini wajib diikuti oleh semua guru di sekolah-sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Para guru diminta membuat video pembelajaran yang kreatif dengan durasi maksimal 2 menit dari materi pelajaran yang diajarkannya sendiri.

Lomba ini digelar sejak awal Ramadhan, dan mulai dinilai pada akhir Ramadan, hingga pekan ini saatnya para calon juara membuktikan kualitas konten materi dan videonya kepada para juri.

"Ini adalah festival upgrading skill guru secara mandiri dalam mengolah materi pelajaran ke dalam versi video pendek. Dalam hal ini, para guru diminta terbiasa melatih skill mengajar secara mandiri agar proses pembelajaran dapat disajikan dalam berbagai strategi" terang Ustaz Abdul Qohin, M.Pd.I., Ketua Harian LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

"Tentu media video bukanlah satu-satunya andalan dalam mengajar, karena masih ada skill yang harus terus dilatih yaitu skill mengajar on-line, skill mengajar tatap muka, skill administrasi, skill konseling siswa, dan sebagainya," lanjutnya.

Lebih lanjut, beliau menegaskan bahwa festival ini adalah pemicu untuk pengembangan pembelajaran di sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Yakni menuju pembelajaran blended learning, atau kombinasi pembelajaran tatap muka dan online.[]